Kamis, 05 April 2012

Hanafing Kritik Linkers


JOGJA—Penampilan kurang maksimal striker PSIM Emile Linkers di dua laga tandang terakhir membuat pelatih PSIM, Hanafing naik darah. Pelatih berlisensi A AFC itu melihat pemain bernomor punggung 99 itu mulai memperlihatkan permainan yang tidak konsisten dan cenderung
manja.

“Dia enggak mau gerak dan malas-malasan. Jika dia tetap tampil seperti di Kudus dan Solo, mungkin akan saya cadangkan saat melawan Persitema, Senin (16/4) nantinya di kandang. Besok dia [Linkers] absen, dan enggak bias diturunkan saat melawan Persip Pekalongan di kandang, Kamis (12/4) mendatang,” kata Hanafing, seusai laga melawan Persis Solo, Rabu (4/4) sore.

Di laga melawan Laskar Samber Nyawa di Stadion Manahan Solo, kemarin sore, penampilan pemain asal Belanda ini kurang begitu terlihat. Dia dinilai Hanafing kurang mampu memerankan posisinya sebagai striker tunggal, saat menerapkan pola 4-2-3-1 di 45 menit babak pertama.

Keengganan mengejar dan menjemput umpan dari Nova Zaenal, Lorenzo Rimkus dan M Irfan yang berada di lini tengah, membuat PSIM hanya mampu menghasilkan dua kali kesempatan untuk mencetak gol. Tak hanya itu, Linkers yang dipasang sebagai striker tunggal juga kurang membantu pertahanan Laskar Mataram sebagai satu-satunya pemain yang berada di depan.

“Dia kurang maksimal dalam membantu bertahan. Harusnya dia bisa memaksimalkan perannya sebagai penyerang dan membantu pertahanan. Ini dia enggak mau gerak,” tandasnya.

Akibat penampilan yang kurang maksimal itu, eks pelatih PSIS Semarang dan PSM Makassar itu pun mengaku mengubah pola permainan anak asuhnya. Nova Zaenal yang tidak maksimal memerankan posisi gelandang serang ditarik dan digantikan Reinhard, sedangkan M Romlih yang diposisikan sebagai wing back kiri digantikan Topas Pamungkas.

“Babak kedua, saya gunakan 4-4-2. Ini saya lakukan karena Linkers sudah tidak bisa diandalkan sebagai striker tunggal, saya masukkan Reinhard. Tapi dia malah dapat kartu, ya saya tarik saja, dan memasukkan Lakman Salan,” terang eks pemain Niac Mitra itu.

Di laga melawan Persip Pekalongan di Stadion Mandala Krida, Jogja, Kamis (12/4) mendatang, eks penggawa Timnas itu pun mengungkapkan tetap akan memaksimalkan duet Reinhard dan Lakman. Dua striker lokal itu dirasa cukup mampu membantu penyerangan PSIM saat melawan Persis Solo. “Apalagi, Linkers kan absen. Saya akan maksimalkan keduanya. Saya lihat keduanya juga cukup lumayan tadi,” pungkasnya.

Sumber : Lihat Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar